Sertifikasi Keahlian Diklat CT Scan Dasar bagi Lulusan DIII TRR

Sistem pembelajaran pada Program Studi Diploma III Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi menggunakan kurikulum berbasis kompetensi, dengan harapan peserta didik dapat menguasai secara komprehensif setiap kompetensi radiografi. Akan tetapi, sejalan dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat dan sistem informasi global, ternyata pembelajaran yang diperoleh melalui Proses Belajar Mengajar (PBM) dirasakan masih kurang memberikan bekal, khususnya pada pengkayaan kasus-kasus klinis di lapangan maupun perkembangan peralatan teknologi imejing yang semakin canggih yang terus berkembang.

Dalam rangka mencapai sasaran mutu ISO 9001:2008 di Program Studi Diploma III Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi, lulusan akan dibekali dengan sertifikat keahlian. Untuk itulah dirasakan perlu adanya kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Sertifikasi Keahlian CT Scan Dasar bagi lulusan Prodi DIII Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Semarang dan Purwokerto, Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang. Melalui Pendidikan dan Pelatihan yang diadakan dengan metode pembelajaran teori dan praktik mandiri, serta mendapatkan sertifikat dari PT Siemens Indonesia, diharapkan para peserta semakin memiliki nilai tambah sebagai calon radiografer yang handal dan terampil.

Kegiatan Diklat ini dilaksanakan melalui kerjasama antara Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang dengan PT Siemens Indonesia, serta Rumah sakit di wilayah Jawa Tengah, DIY, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur dan Bali sebagai lahan praktek. Kegiatan ini bertujuan Memberikan bekal keterampilan dasar CT Scan (khususnya pemeriksaan Brain, Thoraks dan Abdomen tanpa kontras) bagi lulusan Program Studi Diploma III Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang.

Pada kegiatan ini melibatkan nara sumber dari pihak internal Poltekkes Kemenkes Semarang, klinisi dan CI radiologi Rumah Sakit serta dari pihak Siemens. Materi Diklat meliputi Anantomi crossectional, Modalitas CT Scan (Instrumentasi dan software), Penatalaksanaan pemeriksaan CT Brain, Thoraks dan Abdomen dan klinisnya, parameter dalam CT Scan, serta evaluasi prosedur pemeriksaan dan penggunaan CT Scan. Kegiatan dilanjutkan dengan praktik klinik di Rumah Sakit selama 3 minggu.

Kegiatan Diklat ini dilakukan meliputi 2 periode. Periode I dilaksanakan tanggal 20 Juli s.d 15 Agustus yang diikuti oleh 81 mahasiswa calon lulusan Prodi D-III TRR Semarang, dan Periode II dilaksanakan dari tanggal 10 agustus s.d 5 September 2016, diikuti oleh 80 mahasiswa calon lulusan Prodi D-III TRR Purwokerto.

Pada kesempatan ini, Direktur Poltekkes Kemenkes Semarang, Bapak H. Sugiyanto, S.Pd., M.App.Sc., berkenan membuka acara Diklat dan memberikan pengarahan dan pembekalan bagi mahasiswa yang akan diterjunkan dalam kegiatan praktik klinik. Dalam pengarahannya, beliau berpesan untuk selalu bisa aktif dalam pemeriksaan di rumah sakit, tak ragu untuk bertanya pada clinical instruktur atau pihak yang berkompeten terkait pemeriksaan CT Scan, berdisiplin, dan membawa nama baik almamater.

dct1Direktur Poltekkes Semarang memberikan sambutan pada pembukaan Diklat CT Scan Dasar di Semarang

dct2Penyematan tanda peserta Diklat CT Scan Dasar di Semarang

dct3Sambutan Bapak Direktur pada Pembukaan Diklat CT Scan Dasar di Purwokerto

dct4Dialog peserta Diklat CT Scan Dasar dengan Bapak Direktur

admin

Situs resmi Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Poltekkes Kemenkes Semarang

Mungkin Anda juga menyukai