“JENJANG PENDIDIKAN DAN JENJANG KARIR RADIOGRAFER”

KULIAH UMUM DENGAN TEMA “JENJANG PENDIDIKAN DAN JENJANG KARIR RADIOGRAFER” PRODI D-III TEKNIK RADIODIAGNOSTIK DAN RADIOTERAPI PURWOKERTO TAHUN 2017

Mahasiswa lulusan D-III Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi dianggap sudah mampu untuk melakukan pemeriksaan radiografi konvensional dan kontras. Untuk bisa bekerja dan diakui status radiografer, mereka diwajibkan untuk membuat Surat Ijin Radiografer (SIR) melalui Pengurus Daerah PARI (Persatuan Ahli Radiografi Indonesia) dan juga Surat Ijin Kerja Radiografer (SIKR). Setelah kelengkapan administrasi tersebut sudah siap, barulah mereka dapat bekerja sebagai radiografer yang profesional dan kompeten. Agar bisa melakukan pekerjaan radiografi yang lebih advance (seperti; CT Scan, MRI, Kedokteran Nuklir, Radioterapi, USG), mereka harus mengikuti pelatihan lanjut dan atau melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Makin banyak kemampuan seorang radiografer, maka radiografer tersebut dianggap semakin kompeten dan berhak melakukan pemeriksaan radiografi yang lebih advance, dengan sendirinya juga akan menaikkan NILAI JUAL radiografer itu. Radiografer bisa bekerja di semua instansi kesehatan yang memiliki sarana penunjang pemeriksaan Radiologi, seperti Rumah Sakit Pemerintah Maupun Swasta, klinik kesehatan, Klinik Cek up tenaga kerja, dll. Jenjang Pendidikan Radiografer di Indonesia Saat ini selain Diploma III dan Diploma IV Poltekkes Kemenkes Semarang juga telah membuka S-2 Teknik Imejing Diagnostik.

Prodi D-III Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Purwokerto Poltekkes Kemenkes Semarang sebagai salah satu Institusi Pendidikan Radiografer di Indonesia pada hari Selasa tanggal 24 Oktober 2017 bertempat di Gedung Auditorium Kampus VII Poltekkes Kemenkes Semarang mengadakan kuliah umum dengan tema “Jenjang Pendidikan dan Jenjang Karir Radiografer”. Peserta kuliah umum ini adalah seluruh mahasiswa Prodi D-III TRR Purwokerto. Kegiatan kuliah umum ini mempunyai tujuan untuk menambah wawasan bagi mahasiswa tentang jenjang pendidikan dan jenjang karir bagi radiografer.

Sebagai narasumber yaitu Bapak Franky Jacobus Dimpudus, M.MagRes.Tech (Radiografer Senior RS Premier Surabaya0) dan Bapak Kasimin, SH.M.Kes (Dosen Senior Radiografi). Sebagai pemandu acara/moderator adalah Bapak Bagus Dwi Handoko,S.ST.,M.Kes (Dosen Prodi D-III Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Purwokerto Poltekkes Kemenkes Semarang).

IMG_2337Sambutan sekaligus membuka kegiatan kuliah umum oleh Kaprodi D-III TRR Purwokerto (Ibu Dartini,SKM.,M.Kes)

IMG_2325Dosen dan mahasiswa Prodi D-III TRR Purwokerto sebagai peserta kegiatan kuliah umumIMG_2367Moderator Kuliah umum oleh Bp Bagus Dwi Handoko,S.ST.,M.KesIMG_2371Narasumber Bp Franky Jacobus Dimpudus, M.MagRes.Tech (Radiografer RS Premier Surabaya)IMG_2426Narasumber 2 Bp Kasimin, SH,M.Kes (Dosen)IMG_2479

IMG_2477Penyerahan Kenang-kenangan oleh Kaprodi kepada Narasumber IMG_2481Foto Bersama Bersama Narasumber

admin

Situs resmi Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Poltekkes Kemenkes Semarang

Mungkin Anda juga menyukai