PEMBENTUKAN KAMPUNG SEHAT SEBAGAI WAHANA EDUKASI MASYARAKAT DI RW 5 KELURAHAN MANGUNHARJO TEMABALANG SEMARANG

Dalam rangka mewujudkan Indonesia Sehat, Prodi D-IV Teknik Radiologi mencanangkan Program Kampung sehat di wilayah Kota Semarang. Kegiatan ini juga seiring dengan program Pemerintah Kota Semarang untuk mewujudkan Semarang “Hebat”, maka dimulai dari wilayah terkecil RT/RW juga haris memiliki kualitas hidup yang baik. Salah satunya melalui pembentukan ampung Sehat. Kegiatan ini telah dilaksanakan oleh Tim Pengabdian Masyarakat Prodi D-IV Teknik Radiologi Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi yang terdiri dari dosen dan mahasiswa yang terdiri : Siti Masrochah, S.SI,MKEs, Rini Indrati S.Si.MKes, Drs.J. Dahjono, DMHE MM, Darmini, S.Si.MKes, Andrey Nino K, S.ST.M.Eng dan mahasiswa : Melinda Widyani, Dimas Ahmad Nur Said, Karina Widya Nasiti dan Indra Laksono.

Rangkaian Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini diawali dengan Kegiatan Launching Kampung Sehat yang dihadiri oleh seluruh Perangkat Kelurahan, LPMK, Tokoh Masyarakat, Dosen dan perwakilitas Civitas akademika Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi, seluruh pengurus RW, RT, PKK seluruh warga diawali dengan kegiatan jalan sehat, senam jantung sehat dan goyang Maumere yang diikuti oleh kurang lebih 400 orang. Setelah Lounching dilanjutkan dengan pelantikan “Kader Sehat” oleh Lurah Mangunharjo yang merupakan satuan Tugas khusus (Satgas) pelaksana program yang dicanangkan pada Perwujudan Kampung Sehat ini. Satgas Kader Sehat  terdiri dari Tim Pendamping dari Dosen Jurusan TRR dan anggota masyarakat yang peduli dan memiliki potensi mewujudkan masyarakat sehat. Kegiatan Pelantikan diakhiri dengan penanda tanganan Deklarasi Kampung Sehat yang ditandatangani oleh seluruh Tokoh masyarakat dan warga sebagai komitmen seluruh warga untuk menciptakan lingkungan bersih dan sehat dan menurunkan angka demam berdarah yang merupakan salah satu  ancaman  masyarakat Semarang.

Tim Pengabmas DIV Teknik Radiologi

Tim Pengabmas DIV Teknik Radiologi

Pelantikan Kader Sehat

Pelantikan Kader Sehat

Kegiatan dilanjutkan dengan Penyuluhan Kesehatan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan pencegahan Demam Berdarah disampaikan oleh Tim Medis Pendamping  Kampung Sehat dr. Agung Sudarmanto, MKes, pemeriksaan kesehatan gratis : pengukuran tensi, gula darah, kolesterol, dan dilanjutkan dengan pelatihan cara hidp bersih dan sehat (PHBS) bagi masyarakat, demonstrasi cara cuci tangan yang benar. Kegiatan Menarik lainnya adalah Lomba Cuci tangan yang diikuti oleh anak SD kelas 1-3. Dengan membiasakan hidup bersih cuci tangan yang benar ini diharapkan masyarakat dari tingkat terkecil anak-anak dapat menerapkan perilaku hidup sehat, sehingga mendukung terciptanya kampung sehat di wilayah Mangunharjo Tembalang Semarang. Kegiatan Lounching diakhiri dengan pembagian doorprize.

 

Lomba Cuci Tangan Sehat

Lomba Cuci Tangan Sehat

Penerimaan Hadiah Lomba Cuci Tangan

Penerimaan Hadiah Lomba Cuci Tangan

Program kerja Kampung sehat yang akan diimplementasikan pada kegiatan pengabmas ini adalah :

URAIAN PROGRAM

KEGIATAN

a.        Kader Sehat (KAHAT)

1)    Pelatihan Satuan Tugas untuk melakukan Perilaku Hidup Sehat (PHBS)

2)    Pendataan status Keluarga Sehat

b.        Gerakan cinta Olah Raga  (CITORA) 1)   Senam Jantung Sehat2)   Latihan Vollly

3)   Bulutangkis

c.         Gerakan Lingkungan sehat Sejahtera (LISETRA) 1)     Pemberantasan sarang Nyamuk (PSN)2)     Pelatihan pembuatan Ovitrap
d.        Gerakan Bebas Napza & narkotika  (BENAKA) Penyuluhan Mengenal Narkoba bagi Remaja
e.        Gerakan Bebas HIV-AIDS  (BEHIA0      Penyuluhan tentang HIV AIDS
f.          Gerakan Makanan Sehat & Hiegienis  (MASENIS) Pelatihan Pengolahan diversifikasi makanan sehat berbahan dasar  Non Beras 
g.        Gerakan Sehat Ibu , Anak  dan Lansia  (SETIA) Pendampingan Posyandu
h.        Gerakan (Rumah dengan satu Jumantik)/ROEMANTIK Pemantauan Jentik

 

Slide6

 

Berita terkait bisa dilihat disini.

admin

Situs resmi Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Poltekkes Kemenkes Semarang

Mungkin Anda juga menyukai