Seminar Nasional Radiologi 2020 D-III TRR Purwokerto

  • IMG_7241
  • IMG_1664
  • IMG_1439
  • IMG_1423
  • IMG_1289

 

Revolusi Industri 4.0 adalah tren didunia industri yang menggabungkan teknologi otomatisasi dengan teknologi cyber. Pada industri 4.0, teknologi manufaktur sudah masuk pada tren otomatisasi dan pertukaran data. Tren ini telah mengubah banyak bidang kehidupan manusia dunia kerja, bahkan gaya hidup manusia itu sendiri. Bukti teknologi semakin berkembang di dunia kesehatan misalnya kehadiran Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) dan alat-alat kesehatan berteknologi canggih.

Perkembangan teknologi di bidang radiologi begitu pesat pula, dibuktikan dengan semakin berkembangnya modalitas di bidang radiologi mulai dari pesawat konvensional sampai pesawat yang menggunakan sistem komputerisasi yaitu Computed Radiography (CR). Salah satu kelebihan sistem Computed Radiography (CR) adalah citra soft copy yang dapat dimanipulasi terang gelap untuk menghasilkan kontras citra kualitas tinggi. Sedangkan pada penggunaan konvensional yang dikombinasikan dengan sistem film Intensifying Screen (IS) yang tidak dapat dimanipulasi terang gelap (soft copy) sehingga penggunaan tegangan tinggi (kV) tidak dapat dilakukan. Tidak hanya perkembangan modalitas, perkembangan teknologi juga memudahkan sistem informasi dan pengarsipan radiograf sehingga memudahkan tenaga kesehatan dalam melakukan pekerjaan. Salah satu penggunaan perkembangan teknologi digital dibidang radiologi yang sedang tren saat ini adalah penggunaan PACS.

PACS adalah teknologi pencitraan medis yang menyediakan penyimpanan ekonomis, dan akses mudah ke gambar dari beberapa modalitas. Format universal untuk penyimpanan foto PACS dan transfer Digital Imaging and Communication in Medicine (DICOM) seperti dokumen yang dipindai dapat dimasukkan dengan menggunakan format standar industri konsumen seperti Portable Document Format (PDF) setelah dikemas dalam DICOM. Sebuah PACS terdiri dari empat komponen utama : modalitas pencitraan seperti Computed Tomography Scan (CT-Scan) dan Magnetic Resonance Imaging (MRI), sebuah jaringan aman untuk transmisi informasi pasien, workstation untuk menafsirkan dan meninjau gambar, dan arsip untuk penyimpanan dan pengambilan gambar dan laporan. Dikombinasikan dengan teknologi web yang tersedia dan muncul, PACS memiliki kemampuan untuk memberikan akses yang tepat dan efisien untuk gambar, interpretasi, dan data yang terkait. PACS memecah hambatan fisik dan waktu yang terkait dengan tradisional berbasis film pengambilan gambar,distribusi,dan layar.

admin

Situs resmi Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Poltekkes Kemenkes Semarang

Mungkin Anda juga menyukai