LAUNCHING KAMPUNG SEHAT DI RW II KELURAHAN WONOSARI KECAMATAN NGALIYAN SEMARANG

Dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang berusaha untuk menyelaraskan dan menyeimbangkan kegiatan dengan kebutuhan masyarakat. Kegiatan ini dikembangkan melalui “community need” and “empowerment community”. Metode ini dikembangkan oleh Jurusan berbasis kebutuhan masyarakat dan atau permintaan dari masyarakat dalam rangka pemberdayaan masyarakat. Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi dipercaya untuk membina masyarakat di RW II Kelurahan Wonosari Kecamatan Ngaliyan Semarang. Kegiatan ini disinergikan dengan program “Gerbang Hebat” kota Semarang melalui kegiatan “Launching Kampung Sehat” yang dilaksanakan pada hari Minggu, 26 Maret 2017 di wilayah RW II Kelurahan Wonosari. Agenda “Launching Kampung Sehat” ini ditandai dengan adanya perjanjian kerjasama antara Ketua Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi (Rini Indrati, S.Si, M.Kes) dengan Ketua RW II (Maryono. S.Kom) yang disaksikan oleh Bapak Lurah Kelurahan Wonosari dan Bapak Camat Kecamatan Ngaliyan. Pada kegiatan ini secara simbolik diserahkan tanaman jahe sebagai simbol pencanangan kampung Sehat di RW II Kelurahan Wonosari Kecamatan Ngaliyan.

Penandatangan Kerjasama RW II dengan Ketua Jurusan TRR disaksikan oleh Bapak Lurah Wonosari, Bapak Camat Ngaliyan dan secara simbolik dengan penyerahan tanaman jahe

Penandatangan Kerjasama RW II dengan Ketua Jurusan TRR disaksikan oleh Bapak Lurah Wonosari, Bapak Camat Ngaliyan dan secara simbolik dengan penyerahan tanaman jahe

Agenda yang dilakukan dalam kegiatan pencanangan kampung sehat yang dilaksanakan hari Minggu, 26 Maret 2017 dimulai dengan kegiatan senam oleh warga RW II Kelurahan Wonosari bersama tim dari Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang yang dilakukan secara meriah dan kompak dari jam 06.00 WIB. Dilanjutkan dengan senam anti stroke yang dipandu oleh 4 orang mahasiswa dari Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi.

Pemandu senam anti stroke oleh mahasiswa Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi

Pemandu senam anti stroke oleh mahasiswa Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi

Antusiasme warga dan tim pengabmas JTRR mengikuti gerakan senam anti stroke

Antusiasme warga dan tim pengabmas JTRR mengikuti gerakan senam anti stroke

Selain itu pada kegiatan tersebut juga diagendakan kegiatan pemeriksatan kesehatan gratis yang meliputi pemeriksaan tensi, pemeriksaan gula darah sewaktu (Gds), pemeriksaan asam urat, dan pemeriksaan cholesterol bagi warga RW II Kelurahan Wonosari Kecamatan Ngaliyan Semarang.

Pemeriksaan Kesehatan Gratis (Pemeriksaan gula darah  sewaktu, asam urat dan cholesterol)

Pemeriksaan Kesehatan Gratis (Pemeriksaan gula darah sewaktu, asam urat dan cholesterol)

Dalam kegiatan launching kampung sehat ini juga dilakukan pendataan keluarga sehat oleh tim dari Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi yang mengambil sample 1 RT 5 (kurang lebih 40 kk) juga dilakukan penyuluhan kesehatan tentang PHBS Keluarga (12 indikator keluarga sehat).

Materi PHBS Keluarga  (12 indikator keluarga sehat)

Materi PHBS Keluarga (12 indikator keluarga sehat)

Selain itu terdapat kegiatan edukasi yaitu cuci tangan pakai sabun bagi anak usia sekolah yang dikemas dalam bentuk simulasi dan praktek tentang cuci tangan yang baik dan benar dan diakhiri dengan lomba cuci tangan (7 langkah cuci tangan standar WHO).

Edukasi cuci tangan 7 langkah (Standar WHO)

Edukasi cuci tangan 7 langkah (Standar WHO)

Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi menurunkan 24 orang mahasiswa dan 12 orang dosen yang berasal dari Prodi D-III Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Semarang maupun Prodi D-IV Teknik Radiologi. Pada kegiatan ini juga dihadiri oleh Bapak Lurah Wonosari dan Bapak Camat Ngaliyan yang menyambut baik kegiatan ini beliau mendukung kegiatan semacam ini agar dapat dijadikan percontohan bagi daerah lain. Beliau juga menyampaikan penghargaan dan dukungan kepada RW II dengan pendampingan dari Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang. Selain itu, diharapkan ada pengembangan program pendampingan khususnya untuk bidang kesehatan.

Penyerahan hadiah stand bazaar terbaik dan doorprize oleh Bu Kajur TRR dan Bapak RW II Kelurahan Wonosari

Penyerahan hadiah stand bazaar terbaik dan doorprize oleh Bu Kajur TRR dan Bapak RW II Kelurahan Wonosari

Dalam kegiatan ini, juga diramaikan dengan kegiatan bazaar produk-produk yang dimiliki oleh masyarakat RW II Kelurahan Wonosari antara lain produk jamu tradisional, susu kedelai, kripik, es buah, aneka olahan makanan dan lain-lain yang merupakan ikon potensi yang dimiliki oleh masing-masing RT di Wilayah RW II Kelurahan Wonosari. Dalam bazaar tersebut, kita dapat mengidentifikasi potensi masyarakat khususnya aspek ekonomi khususnya wirausaha, Sumber Daya Manusia (SDM), dan Sumber Daya Alam (SDA).

Suasana Bazaar pada kegiatan “Launching Kampung Sehat”

Suasana Bazaar pada kegiatan “Launching Kampung Sehat”

Kegiatan “Launching Kampung Sehat” di wilayah RW II Kelurahan Wonosari merupakan amanah bagi seluruh civitas akademika baik dosen maupun mahasiswa bagi Program Studi D-III Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Semarang serta Program Studi D-IV Teknik Radiologi. Kerjasama lintas sektoral dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan upaya nyata kontribusi perguruan tinggi dalam mewujudkan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi kepada masyarakat luas. Harapan kami, selanjutnya program untuk pembinaan wilayah kampung sehat ini akan dikembangkan untuk program-program berbasis kebutuhan masyarakat (community need and empowerment community) dan sinergi dengan kebijakan pemerintah kota Semarang dengan Gerbang Hebat serta visi dan misi Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang. Jurusan dalam hal ini sebagai fasilitator untuk memfasilitasi kegiatan/program yang direncanakan secara bersama, selanjutnya program akan dijalankan oleh masyarakat dengan konsep pemberdayaan (dari, oleh dan untuk masyarakat). (Sumber : Sub UPPM JTRR 2017)

admin

Situs resmi Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Poltekkes Kemenkes Semarang

Mungkin Anda juga menyukai