Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) dan Malam Keakraban (Makrab)

LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN (LDK) dan MALAM KEAKRABAN (Makrab)

Dewan Mahasiswa Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Prodi DIII Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Purwokerto

TEMA KEGIATAN “Membentuk kader-kader pemimpin bangsa yang berkualitas, tanggung jawab, berintegritas, dan penuh kepedulian antar anggota Keluarga Besar Mahasiswa.”

Dewan Mahasiswa (Dema) Prodi DIII Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Purwokerto merupakan salah satu wadah bagi mahasiswa Prodi DIII Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Purwokerto melaksanakan kegiatan pengembangan kemahasiswaan di tingkat prodi, yang berkaitan dengan pengembangan penalaran dan keilmuan, serta sikap profesi sesuai dengan bidang ilmu dan program studi pada hari Sabtu – Minggu, 18 – 19 Februari 2017 yang berlokasi di Villa Jambu Baturaden dan Ketenger Adventure Purwokerto

Tujuan dari kegiatan ini adalah

  1. Agar terjalin relasi yang baik antar mahasiswa, maupun mahasiswa dengan dosen serta membangun persaudaraan yang lebih erat sehingga menjadikan prodi ini menjadi sosialisasi yang efektif antar sesama
  2. Untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan bagi seluruh pengurus Dema dan Hima.
  3. Seluruh pengurus Dema dan Hima dapat saling bekerja sama dalam berbagai kegiatan dan menumbuhkan kepedulian antar setiap anggota organisasi.

Kegitan outbond LDK ini diikuti oleh peserta yang berjumlah 44 mahasiswa yang terdiri dari 2 mahasiswa perwakilan DPM dan BEM, 14 mahasiswa pengurus Dewan Mahasiswa (Dema), 24 mahasiswa pengurus Himpunan Mahasiswa (HIMA), dan 4 mahasiswa dari perwakilan tingkat I dan II. Dalam kegiatan outbond ini, seluruh peserta dibagi menjadi 6 kelompok yang masing – masing kelompok terdapat pendamping dari panitia Ketenger Adventure.IMG_1221

IMG_1238Sebelum melaksanakan outbond kami melaksanakan pemanasan yang dipimpin oleh panitia dari Ketenger Adventure. Setelah sedikit pemanasan dan telah dibagi kelompok kami mendapat pembekalan tentang medan outbond yang akan kami lalui dan diberi petunjuk berupa peta serta kompas agar kami tidak tersesat meskipun terdapat pendamping, lalu menuju start dan perjalanan kami terus sampai di tujuan terakhir.

Setiap kelompok mendapat peta dengan titik pos yang berbeda, terdapat 5 titik termasuk finish yang harus kami temukan. Semua titik tersebut terdapat didalam hutan, dan modal kami hanya kompas dan peta agar menemukan setiap titik. Setelah berada dititik finish, kami masih harus berjalan untuk menuju ke bagian bawah dari pancuran 7 dan makan siang yang telah disediakan oleh panitia dari Ketenger Adventure. Disela-sela istirahat kami menikmati pemandangan dan hangatnya air dari aliran pancuran 7. Kemudian kami melanjutkan perjalanan ke tempat selanjutnya dengan berjalan kaki menelusuri jalan objek wisata jurug Jenggala.

Tempat yang dituju selanjutnya yaitu Curug Bayan, disana kami bermain air, berenang, dan mencoba permainan menelusuri arus air dengan menggunakan pelampung dan sebuah ban, permainan ini dilakukan secara bergantian. Setelah dari sana kami berjalan lagi menuju titik awal saat pembukaan tadi pagi.

IMG_1477

DSC_0141

DSC_0148

IMG_1272

Sesampainya disana pukul 13.30 WIB kami dikumpulkan dalam satu ruangan dan melakukan evaluasi berdasarkan kegiatan outbond tadi. Setiap kelompok harus ada perwakilannya untuk menyampaikan makna dari kegiatan ini. Dari beberapa kelompok tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan outbond ini memiliki makna kebersamaan, kekompakan, strategi yang harus disiapkan sebagai seorang pemimpin, kerjasama, semangat, dan cekatan. Kami dapat mengambil makna tersebut dalam menjalankan organisai kedepannya. Setelah evaluasi selesai pukul 14.00 WIB  berkumpul di Villa Jambu pukul 16.30 WIB untuk melanjutkan kegiatan MAKRAB.

_DSC0464

IMG_1792

Sebelum kami melaksanakan kegiatan MAKRAB dan pensi terlebih dahulu kami berjamaah sholat maghrib dilanjutkan ceramah dari Pak Agus Subagiyo, sholat isya berjamaah dan kembali dilanjutkan ceramah materi kepemimpinan oleh Bapak Agus Subagiyo sekaligus menutup acara LDK dan membuka acara MAKRAB. Setelah materi LDK selesai acara selanjutnya yaitu MAKRAB dengan bermain music bersama dan membakar jagung bersama. Acara ini berlangsung secara kondisional.

Hari ke 2, 19 Februari 2017

Kegiatan di hari Minggu dimulai dengan pelaksanaan sholat subuh berjamaah di ruang tengah Villa Jambu. Setelah pukul 05.30 WIB kami melakukan kegiatan senam bersama di halaman depan Villa Jambu sampai pukul 07.00 WIB.

Setelah penampilan pensi, dilakukan penutupan kegiatan oleh ketua panitia dan dilanjutkan bersih-bersih di area Villa Jambu. Setelah semuanya bersih peserta diperbolehkan pulang. Kegiatan selesai pukul 09.00 WIBIMG_1249

IMG_1289

OUTPUT KEGIATAN

Dengan terlaksananya program kerja ini, diharapkan dapat menumbuhkan jiwa kepemimpinan bagi seluruh pengurus KBM Prodi DIII Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Purwokerto dan perwakilan kelas. Seluruh pengurus KBM dapat saling bekerja sama dalam berbagai kegiatan dan menumbuhkan kepedulian antar anggota organisasi setelah dilakukannnya kegiatan ini.

IMG_1833

admin

Situs resmi Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Poltekkes Kemenkes Semarang

Mungkin Anda juga menyukai