“YAKINKAN DIRIMU BEBAS KANKER SERVIKS”

Himpunan Mahasiswa (Hima) JTRR Poltekkes Kemenkes Semarang mengadakan Seminar Nasional Radiologi dengan tema “Yakinkan Dirimu Bebas Kanker Serviks”. Seminar ini bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan peserta seminar mengenai kanker serviks, cara mendeteksi kanker serviks dengan menggunakan modalitas CT Scan, pengobatan dengan menggunakan radioterapi, serta peran radiografer dalam menangani psikologi penderita kanker serviks. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu, 17 Desember 2017 di Hotel MG Setos Semarang. Kegiatan ini turut mengundang seluruh Ketua Jurusan Kampus 1 dan 3 di lingkungan Poltekkes Kemenkes Semarang.

1

Seminar ini terselenggara melalui kerjasama dengan PARI Pusat. Seminar dibuka langsung oleh Ketua umum PARI Pusat Bapak Sugiyanto,S.Pd, M.App.Sc (MRI) didampingi oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Semarang, Ketua Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi dan Ketua Panitia Seminar Nasional Radiologi.

3

Narasumber Seminar Nasional ini di antaranya Dr. Edy Wibowo Ambari, Sp. Og (K) (Dokter Spesialis Obgyn RSUP Dr. Kariadi) yang membawakan materi “Fundamental Knowledge Of Cervix Cancer”.  Imelda Sakti Asih, S.ST (Radiografer RS Ken Saras) menyampaikan “Peran CT Scan terhadap Penanganan Ca. Serviks”. Dr. Elia Aditya B.K., Sp.Onk.Rad (Dokter Spesialis Onkology Radiologi Rs Ken Saras) memberikan materi “Treatment Of Cervix Cancer”. Tika Bisono, Psi., M.Psi.T (Psikolog Klinis) memberikan sharing pengetahuan tentang  “Edukasi Psikis Terhadap Pasien Kanker Serviks Bagi Radiografer”.  Bapak Arwani, SKM, M.N dari Jurusan Keperawatan sebagai Moderator Seminar Nasional Radiologi kali ini.

4

Seminar ini diikuti oleh 568 peserta yang berasal dari Mahasiswa Prodi DIII TRR Semarang dan Prodi DIV Teknik Radiologi Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Semarang, Mahasiswa Prodi DIV Kelas Radioterapi, Mahasiswa Umum, Radiografer, serta Dosen Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi.

Pada acara ini pula diberikan penghargaan kepada sesepuh sekaligus pendiri Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Poltekkes Kemenkes Semarang (dahulu ATRO Depkes Semarang) Bapak I Made Artha, B.Sc., Bapak Nur Utama, S.ST., dan Bapak Kasimin, SH. M.Kes.

2

Acara semakin menarik saat pemateri 4 yaitu Tika Bisono, M.Psi.T. membawakan materi mengenai “Edukasi Psikis Terhadap Pasien Kanker Serviks Bagi Radiografer”. Penampilan dari Bu Tika yang telah berpengalaman menjadi seorang penyanyi, mampu menarik perhatian peserta seminar.

Diakhir acara, dilakukan pemberian doorprize kepada peserta seminar yang beruntung, dan ditutup dengan sesi foto bersama.

6

Reported by: HIMA_JTRR

admin

Situs resmi Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Poltekkes Kemenkes Semarang

Mungkin Anda juga menyukai