JTRR Poltekkes Kemenkes Semarang Gelar Konferensi Internasional Radiologi

15 November 2023

Jurusan Tekbik Radiodiagnostik dan Radioterapi Politeknik Kesehatan Kemenkes (Poltekkes) Semarang menggelar konferensi internasional pertamanya, yaitu The 1st International Conference on Technology of Radiology and Sciences (IConTRAS) tahun 2023. Konferensi ini mengangkat tema “Patient Safety In Radiology: Updates And Current Issues”.

Konferensi ini diselenggarakan secara hybrid, yaitu daring dan luring, pada tanggal 1 – 15 November 2023. Kegiatan ini diikuti oleh 484 peserta yang terdiri dari mahasiswa, dosen, clinical instructor (CI), dan radiografer yang berasal dari Indonesia, Malaysia, dan Timor Leste.

Kegiatan ini dibuka oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Semarang, Bapak Jeffri Ardiyanto, M. App. Sc, dan Ketua Umum PP PARI, Bapak Dr. H. Sugiyanto, S. Pd, M. App. Sc. Laporan kegiatan disampaikan oleh Ketua Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Poltekkes Semarang, Ibu Dr. Fatimah, S. ST, M. Kes.

Kegiatan ini terdiri dari dua sesi, yaitu lomba poster ilmiah dan fotografi serta webinar internasional. Lomba poster ilmiah dan fotografi diselenggarakan pada tanggal 1 – 12 November 2023 dengan tema “Radiology Safety”. Sedangkan webinar internasional diselenggarakan pada tanggal 15 November 2023 dengan tiga sesi materi, yaitu:

  • Patient Safety: Optimizing The Patient’s Dose in Digital Imaging oleh Mdm. Azizah Ab. Ghani (Universitas Sultan Zainal Abidin, Malaysia)
  • Patient Safety in Indonesia oleh Dartini, SKM, M.Kes (Poltekkes Kemenkes Semarang, Indonesia)
  • Patient Safety oleh Prof. Kanaga Kumari Chelliah (Asia Metropolitan University (AMU), Malaysia)

Dalam sambutannya, Direktur Poltekkes Kemenkes Semarang, Bapak Jeffri Ardiyanto, M. App. Sc, menyampaikan bahwa konferensi ini merupakan salah satu upaya Poltekkes Kemenkes Semarang untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di bidang radiologi.

“Konferensi ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi para ahli radiologi untuk berdiskusi dan berbagi ilmu pengetahuan terkini tentang keselamatan pasien dalam radiologi,” ujar Bapak Jeffri.

Ketua Umum PP PARI, Bapak Dr. H. Sugiyanto, S. Pd, M. App. Sc, juga menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya konferensi ini. Beliau berharap konferensi ini dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan pasien dalam radiologi.

“Konferensi ini merupakan langkah awal yang baik untuk meningkatkan kualitas pelayanan radiologi di Indonesia,” ujar Bapak Sugiyanto.

Panitia penyelenggara berharap konferensi ini dapat menjadi agenda tahunan Poltekkes Kemenkes Semarang. Dengan demikian, konferensi ini dapat menjadi sarana untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di bidang radiologi.

admin

Situs resmi Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Poltekkes Kemenkes Semarang

Mungkin Anda juga menyukai