Poltekkes Juara Umum di Taiwan

SEMARANG – Empat mahasiswa Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes Semarang berhasil meraih juara umum dalam ‘’International Competition Day (ICD) 2015’’ di I-Shou University, Kaohsiung, Taiwan, baru-baru ini.

Mereka mampu bersaing dengan 144 peserta dari Taiwan, Jepang, Tiongkok, dan Thailand. Dalam ajang kompetisi di bidang teknik radiodiagnostik dan radioterapi tingkat Asia tersebut, satu-satunya tim dari Indonesia ini meraih empat emas dan dua perak.

Dengan raihan enam medali tersebut, tim yang terdiri atas empat mahasiswa jurusan D-III dan D-IV Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi itu berhasil merebut gelar bergengsi sebagai juara umum. Mereka adalah Hanik Neily R, Wurry Nur Sharfina, Yusron Adi Utomo (Semarang), dan Ikko Justian F (Purwokerto).

Mereka terbagi dalam dua tim, yakni A (kategori skull and cervical) dan B (kategori spine). Dosen yang ikut mendampingi mereka yakni Gatot Murti Wibowo SPd MSc juga ikut menjadi juri dalam event yang digelar I-Shou University bekerja sama dengan E-DA Hospital, Kaohsiung Taiwan.

Gatot mengatakan, meski persiapan terbilang mepet, namun Tim Poltekkes mampu menunjukkan kompetensi terbaik mereka. ”Kami unggul dalam membuat gambar X-Ray dari tulang kepala dan leher, serta abdomen atau tulang belakang,” katanya di kampus Poltekkes Kemenkes Semarang, Jalan Tirto Agung, kemarin.

Ketua Jurusan TRR Rini Indrati SSi MKes menambahkan, meski teknologi dan peralatan rontgen yang digunakan cukup canggih, namun penguasaan teknik dan kompetensi keahlian yang mereka miliki tidak kalah. ”‘Prestasi ini membuktikan bahwa kompetensi radiografer dari Poltekkes mampu bersaing di tingkat internasional,” katanya.

Dua Kategori

Lebih lanjut Gatot menjelaskan, dalam kategori Individual X-Ray Competition, Tim Poltekkes meraih empat medali, yakni dua emas dan dua perak. Emas diraih Yusron Adi Utomo dan Haniek Naely Rizqiyah, serta perak oleh Wurry Nur Sharfina dan Ikko Justian F. Adapun dua emas lagi diraih keempatnya dalam kategori beregu dan juara umum.

”Sistem penilaian dilakukan secara individu dan tiap proyeksi. Lalu dari nilai tersebut dijumlahkan untuk kategori juara Tim A dan B. Hasilnya, Poltekkes meraih nilai tertinggi dan dinobatkan sebagai juara umum,” jelas Gatot.

Direktur Poltekkes Sugiyanto SPd MAppSc mengaku bangga atas prestasi mahasiswanya di tingkat internasional ini. ”Ini kali pertama Poltekkes mengikuti event tersebut dan langsung jadi juara umum. Ini prestasi luar biasa dan sangat membanggakan,” katanya. (D2-95)

Sumber: http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/poltekkes-juara-umum-di-taiwan/

admin

Situs resmi Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Poltekkes Kemenkes Semarang

Mungkin Anda juga menyukai